Selasa, 02 Agustus 2011

Perjalanan Panjang Menuju Metropolitan

Minggu lalu, pada hari Selasa tepatnya pada tanggal 25 Juli 2011 aku bersama segerombolan teman - teman dari UKMF UNIJOYO Madura yang bernama EFEC (Economy Faculty English Collaboration) mengadakan acara study banding ke Kota Metropolitan Jakarta. Acara itu bertujuan untuk saling berbagi pengalaman berbahasa inggris ke sebuah Universitas terkemuka di Indonesia yaitu UNIVERSITAS INDONESIA. Perjalanan kami lalui sangatlah panjang, kami berangkat dari Bangkalan Madura menuju Jakarta kurang lebih memakan waktu seharian. Atau bisa dibilang 24 jam perjalanan. Bukankah itu perjalanan yang sangat melelahkan? :)

Esoknya setelah menempuh perjalanan yang sangat lelah, kami singgah sejenak untuk membersihkan diri dan sekaligus untuk beristirahat sejenak di sebuah rumah makan padang di daerah Cikampek. Kurang lebih satu jam kita beristirahat, kemudian melanjutkan perjalanan lagi menuju tempat wisata Ancol. Tepatnya kita hanya pergi ke pantainya saja selama setengah jam untuk sekedar berfoto ria. Setelah dari Ancol kami pergi ke monas, perjalanan ke monas dari ancol lumayan jauh menurutku, kurang lebih satu jam perjalanan. Sesampainya di Ancol kami pergi berkeliling memfoto monas yang sangat gagah bagiku. Kami juga bertemu dengan beberapa turis asing. Tapi sayangnya aku tak bisa menyapa mereka dikarenakan bahasa inggrisku yang sedikit bermasalah. Setelah itu, perjalanan kami lanjutkan kembali menuju Pasar Tanah Abang, pusat grosir yang terkenal di Jakarta. Sayangnya tak satupun barang yang mampu aku beli dikarenakan tempat itu adalah tempat grosir yang mengharuskan untuk membeli lebih dari 1 barang dengan jenis yang sama. Di tempat itu aku sungguh kecewa, karena aku tak bisa membelikan sesuatu untuk keluargaku di rumah.

Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Hotel untuk sekedar check in dan beristirahat sejenak melepas lelah. Kurang lebih satu jam kami beristirahat dan terpaksa dengan badan yang masih lelah kami harus pergi ke stasiun metro tv untuk menghadiri acara Kick Andy. Perjalanan menuju stasiun metro tv lumayan melelahkan dan menyebalkan untukku. Jalanan kota metropolitan yang semrawut dan juga macet membuatku sedikit muak. Ditambah lagi bus yang kami tumpangi terpaksa ditilang oleh polisi dikarenakan kami melalui jalanan untuk Bus TransJakarta (Busway). Ada rasa putus asa menggelayutiku karena kejadian itu, sempat ku berbisik supaya acara ke metro tv dibatalkan saja. Namun perjalanan ke metro tv tetap dilaksanakan.

Setelah menempuh perjalanan yang 'cukup' mengesalkan akhirnya kami tiba di stasiun tv metro tv, kesan pertamaku saat pertama kali menginjakkan kaki disana adalah 'Megah'. Mungkin terdengar begitu alay bagi orang - orang yang sudah sering pergi kesana, namun bagiku yang pertama kali memasuki stasiun tv itu sungguh sangat berbeda. Aku begitu mengaguminya, bahkan aku tak berhenti berdecak kagum. Sambil menunggu acara syuting Kick Andy, kami diberi jamuan minuman dan juga beberapa snack untuk dimakan. Acara syuting pun juga akan berlangsung jam 19.00 malam sampai pukul 22.00 wib, melelahkan bukan? :)

Tepat pukul 19.00 kami memasuki studio tempat Kick Andy akan syuting, aku dan beberapa orang temanku duduk di bangku penonton paling belakang. Setelah kami memasuki studio, kami langsung disuguhkan oleh penyanyi yang menyanyikan lagu - lagu populer dari Iwan fals. Kata kru metro dia adalah salah seorang fans berat Iwan fals dan hafal semua lagu - lagu Iwan fals. Kami bisa maklum mengapa dia menyanyikan lagu Iwan fals di acara ini. Sambil menunggu kedatangan sang pembawa acara Andy F. Noya kami menikmati beberapa lagu Iwan fals yang dinyanyikan oleh penyanyi tersebut. Bahkan, salah seorang teman kami maju kedepan untuk berduet bersamanya. Ini sangat mengejutkan bagiku sekaligus sebuah kabanggaan. Setidaknya penonton tau jika orang yang berduet itu adalah teman kami.

Akhirnya, setelah menuggu cukup lama sang pembawa acara Andy F. Noya tiba di studio. Dengan memakai kemeja putih dihiasi dasi berwarna hitam dia tampak begitu tampan jika aku liat secara live :3 Topik yang akan dibicarakan malam itu adalah Bagaimana cara seseorang mampu bangkit setelah menghadapi kejadian yang paling tidak diinginkannya yaitu masuk 'Penjara' . Topik yang sangat menarik bukan? Disini kami dapat berbagai banyak pengalaman hidup dan hikmah atas kejadian yang dialami oleh para narasumber. Bagaimana seharusnya mereka yang tidak bersalah tapi dituduh korupsi atas sesuatu hal yang tidak dilakukannya? Bagimana mereka menjalani masa - masa selama ditahanan? Semuanya menurutku begitu menarik. Aku yang awalnya merasa sangsi akan takut bosan pun akhirnya menikmati juga acara itu hingga selesai. Dan yang membuatku senang adalah, kami mendapatkan buku gratis setelah acara Kick Andy selesai. Bukankah itu adalah bonus kami setelah acara selesai? Hahaha.. sungguh menyenangkan. Suatu saat aku ingin sekali pergi ke stasiun trans corp. Aku salah satu fans berat acara trans tv soalnya :)

Setelah dari acara kick andy kami segera menuju hotel untuk beristirahat, tak lupa di bus kami diberi nasi kotak untuk makan malam. Namun makanan itu sama sekali tak bisa aku habiskan, aku hanya menyendokkan beberapa suap saja ke mulutku. aku tak bermaksud untuk membuang makanan, namun perutku sepertinya sudah tak mau untuk mendapat asupan lagi dimalam hari itu. Jam setengah 12 kami tiba di hotel, aku langsung menuju ke kamarku bersama kedua orang temanku yang juga teman kamarku. Karena kelelahan, salah seorang temanku langsung tertidur begitu menyentuh kasur dan bantal empuk itu. Sedangkan aku masih melaksanakan kewajibanku untuk sholat dan kemudian bergegas tidur bersama seorang temanku lagi supaya besok kami bisa segar dan bersemangat dalam menjalani hari besok
yang mungkin lumayan 'melelahkan'.

Pukul 04.00 alarm dari salah satu handphone temanku berbunyi, dia memang sengaja memasang alarm jam segitu karena pada pukul 06.30 kita terpaksa harus segera check out dari kamar hotel. JIka tidak segera check out, maka akan bertambah biaya hotelnya. Seorang temanku terbangun, dia dengan wajah masih mengantuk segera memasuki kamar mandi untuk bersih diri dan juga sekaligus akan packing barang - barang untuk check out. Sedangkan aku hanya melihatnya dan masih saja memeluk bantal karena memang aku benar - benar masih mengantuk. setelah setengah jam berlalu, giliran aku yang memasuki kamar mandi untuk bersih diri. Seorang temanku yang masih terlelap tidurpun aku biarkan tidur karena kulihat dia benar - benar sangat letih. Setelah selesai berbersih diri, aku segera melaksanakan sholat subuh dan kemudian membangunkan temanku yang masih terlelap tidur. Dia begitu kaget saat aku mengatakan jam sudah menunjukkan pukul 05.00 pagi. Ekspresi kagetnya begitu lucu bagiku, kemudian kulihat dia segera memasuki kamar mandi dengan langkah tergesa - gesa.

Pukul 05.45 kami sudah bersiap - siap untuk check out hotel, kami menaiki lift untuk turun dari lantai empat menuju lantai dasar. Setelah sampai di lobi hotel, kami menyerahkan kunci kamar kepada resepsionist hotel untuk check out. Sembari menunggu teman - teman lainnya yang masih belum datang aku dan seorang temanku bercanda gurau sejenak. Ternyata banyak teman - temanku yang belum check otu hotel, padahal pihak tour leader sudah mengatakan bahwa kita harus check out jam 06.00 . Tapi mereka malah molor, wajar saja menurutku. Karena sepertinya mereka benar - benar sangat kelelahan. Aku dan teman - temanku yang sudah check out langsung menuju ke restoran untuk breakfast dan kemudian setelah itu langsung menuju bus untuk mengangkat barang - barang bawaan kami ke dalamnya.

Pukul 07.30 kami meninggalkan hotel dan langsung menuju ke tempat tujuan utama yaitu Universitas Indonesia (UI). Menurut tour guide yang memandu kami, perjalanan akan memakan waktu selama 3 jam dikarenakan kondisi jalanan Jakarta yang-sangat-macet. Namun ternyata, perjalanan tidak selama yang tour guide katakan, perjalanan kami menuju UI bahkan lebih cepat   2 jam dikarenakan jalanan menuju UI tidak begitu macet.

Saat memasuki gerbang UI kesan pertamaku sungguh sangat berbeda. Aku tak berhenti memandang jalanan UI yang begitu tertata rapi dan tampak sangat asri. Tiap bangunannya pun juga ditata sedemikian rupa sehingga terlihat sangat indah. Disana juga ada sepeda gratis yang bisa dikendarai oleh mahasiswa UI untuk berkendara menuju ketempat satu dan yang lainnya yang jaraknya cukup jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki. Kami berhenti disalah satu fakultas disana. Banyak teman - temanku yang berfoto disana dan juga menyempati untuk mencoba sepeda gratis yang ada disana, sedangkan aku? hanya memperhatikan mereka semua sembari memfoto beberapa objek yang menarik buatku. Banyak teman yang mengajakku berfoto, namun aku sama sekali tidak tertarik. Aku bukan tipe orang narsis seperti teman - temanku.

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya kita disambut oleh beberapa mahasiswa UI dari UKM IDS atau semacam UKM yang memfokuskan pada debat bahasa inggris. Disana, kami saling mengenalkan UKM masing - masing dan juga kelebihan - kelebihan dari UKM tersebut. yang pertama mempersetasikan diri adalah dari UI yaitu dari UKM IDS. Materi presentasi yang disajikan sangat menarik buatku, apalagi ditambah dengan pemateri yang sepertinya sudah berpengalaman dan cukup berkompeten. Sungguh jauh berbeda dari mahasiswa kami dari Universitas Trunojoyo. Setelah mahasiswa dari UKM IDS mempresentasikan diri, tiba giliran dari UKMF EFEC untuk persentasi. Persentasi dilakukan oleh ketua umum UKMF EFEC. Acara kunjungan UI akhirnya ditutup dengan pemberian kenang - kenangan dari pihak UI dan juga dari pihak UNIJOYO sendiri.

Setelah dari UI acara terakhir adalah mengunjungi TMII (Taman Mini Indonesia Indah). Perjalanan menuju TMII lumayan jauh, aku bahkan sampai tertidur karena kelelahan. Tak terasa akhirnya kami telah sampai di UI, tour guide kami mengatakan batas waktu kami di TMII adalah sampai jam 14.30. Setelah mengatakan itu kami langsung melesat turun dan berpencar - pencar untuk mengunjungi berbagi wahana di TMII. Aku dan beberapa orang temanku pergi ke tempat souvenir untuk membeli beberapa oleh - oleh untuk keluarga dirumah. Aku hanya membeli 3 potong t-shirt untuk keluarga dirumah, memang tidak banyak tapi setidaknya aku memliki oleh - oleh dari Jakarta^^ Kemudian setelah berbelanja, aku dan beberapa temanku melanjutkan untuk makan siang disalah satu restoran cepat saji disana. Bisa dibilang harganya lumayan mahal^^ tapi tidak masalah karena jarang - jarang juga aku mengeluarkan uang yang 'lumayan' dari kantongku. Setelah itu aku dan temaku berencana untuk pergi ke aquarium, namun niat itu urung dilaksanakan karena ternyata waktu tidak mencukupi. Sebelum kembali ke tempat berkumpul, kami sempat berfoto di beberapa bangunan mini yang ada disana. Lumayanlah untuk kenang - kenangan^^. Setelah itu kami berkumpul didekat bus. Ternyata banyak peserta yang belum berkumpul. Akhirnya rencana yang awalnya yang berkumpul jam 14.30 harus tertunda 1 jam gara - gara itu. Ada sedikit rasa sesalku saat ku tau hal itu, jika seperti itu keadaannya mungkin aku dan juga teman - temanku masih sempat pergi ke aquarium tadi :( Padahal belum tentu juga aku bisa ke Jakarta lagi. Tapi mungkin memang belum waktunya :) jadi aku coba untuk ikhlas. Sebelum meninggalkan TMII salah seorang temanku ternyata tetap berada di Jakarta karena dia akan tinggal beberapa pekan bersama keluarganya disana. Ada rasa sedih dan tidak rela yang merasuk dalam diriku, aku belum mau berpisah darinya. Aku masih ingin bersamanya, namun aku bisa apa? Mungkin hanya menatapnya sedih saat bus pergi meninggalkan dirinya dan juga TMII. Please, take in there Chagiya :")

Setelah dari TMII perjalanan akhirnya dilanjutkan untuk perjalanan pulang menuju Madura. sepertinya memang akan menjadi perjalanan yang melelahkan lagi. Kami akan menginap (lagi) di Bus. Heuft.. benar - benar melelahkan bagiku. Selama perjalanan kami sempat mampir ke beberapa tempat untuk sekedar makan, sholat, ataupun membeli beberapa oleh - oleh untuk keluarga dirumah. Akhirnya setelah perjalanan yang melelahkan itu, pada malam hari pukul 19.30 tanggal 29 Juli 2011 kami sampai di Madura dengan selamat (Alhamdulillah). Perjalanan melelahkan dari Jakarta sampai tiba di Madura ditutup dengan ucapan perminta maaf, perpisahan juga terima kasih dari pihak tour guide sekaligus memberikan kami souvenir berupa cangkir cantik dari pihak penyelenggara. Perjalanan melelahkan itu akhirnya berakhir dengan senyuman dari bibir kami semua. Ada banyak hal yang bisa kami pelajari dari perjalanan itu. Semoga di lain waktu aku bisa berkunjung ke Jakarta lagi :) dan jika itu terjadi aku ingin pergi bersama keluargaku :D