Minggu, 27 Januari 2013

[Anime] Kiseki no Sedai / Generation of Miracle

Ohayouuuuu~ I'm here again :) /no one care, skip this/ 
Yap, hari ini sang author balik lagi mau bahas tentang salah satu anime favoriteku yaitu "Kuroko no Basuke" atau "Kuroko no Basket" atau "Kuroko's Basketball". Sebenernya bukan mau bahas secara keseluruhan sih, tapi cuma mau bahas tentang "Kiseki no Sedai"nya xD Yang udah nonton KNB pasti pada tau kan sama Kiseki no Sedai? Karena sang author sangat tergila - gila dengan Kiseki no Sedai makanya aku berencana buat ngebahasnya di blog ini :) Yang merasa tidak tertarik dipersilahkan untuk men-skip postingan ini dan maaf karena postingan ini memang tidak berhubungan dengan The Boss^^ Yak, untuk mempersingkat waktu aku bakalan langsung ngebahas. Let's check this out --> 

- About - 




Kiseki no Sedai (キセキの世代) atau dalam bahasa inggrisnya disebut dengan Generation of Miracle adalah sebuah julukan yang diberikan kepada 5 pemain dari klub basket Sekolah Menengah Pertama (SMP) Teiko yang memiliki bakat dan kemampuan bermain basket yang sangat hebat yang katanya kehebatannya hanya bisa ditemukan tiap sepuluh tahun sekali :p Tim bola basket Teikou sendiri sebenernya meski tanpa adanya Kiseki no Sedai mereka bisa memenangkan banyak turnamen basket. SMP Teiko juga SMP yang tim basketnya sering memenangkan turnamen bahkan selama 3 tahun berturut - turut. Tapi ada sebuah rumor yang beredar mengenai Kiseki no Sedai yaitu ada satu pemain lagi yang bakat dan kehebatannya diakui oleh kelima pemain tersebut, pemain keenam itu dijuluki pemain bayangan. Setelah pemain Kiseki no Sedai lulus SMP, mereka memutuskan untuk melanjutkan SMA disekolah yang berbeda - beda.

- Kiseki no Sedai's Players  -

Kuroko Tetsuya 




Kita mulai dengan protagonis dalam cerita yaitu si "Anggota Bayangan" Kuroko Tetsuya. Kuroko adalah pemain keenam yang termasuk dalam Kiseki no Sedai. Saat lulus dari SMP Teiko, Kuroko memutuskan untuk melanjutkan SMA di SMA Seirin yang latar belakang klub basketnya tidak begitu menonjol dibandingkan SMA lain. Kemampuannya adalah Misdirection yaitu sebuah kemampuan dimana seseorang berusaha untuk menghilangkan keberadaannya diantara orang lain. Kemampuan misdirection milik Kuroko ternyata tidak bisa selalu dilakukan karena kemampuan itu memiliki batas. Kuroko sangat buruk dalam hal drible dan shooting, tapi dia memiliki kemampuan passing yang hebat. Seiring berkembangnya cerita Kuroko mengembangkan kemampuannya dan menghasilkan kemampuan "Vanishing drive dan Phantom shoot"  Pembawaannya selalu tenang dan tidak begitu banyak menunjukkan ekspresi untuk menunjukkan emosinya. Tapi dalam keadaan tertentu dia bisa saja menunjukkan ekspresinya. Kuroko sangat mencintai basket dan menganggap bahwa permainan basket bukan untuk menunjukkan kekuatan tiap individu pemainnya melainkan permainan basket itu adalah menunjukkan kerja sama dan kepercayaan diantara para pemain. Hal yang seperti itulah yang tidak Kuroko dapatkan saat bermain basket di SMPnya dulu. Kuroko juga menyatakan bahwa dia akan menjadi bayangan bagi Kagami sang Cahaya barunya yang merupakan salah satu pemain basket di SMA Seirin dan bertekad akan menjadi pemain basket nomer 1 di Jepang bersama Kagami dan tim bola basket SMA Seirin. 

Kise Ryouta





Pemain kelima Kiseki no Sedai. Lulus dari SMP Teiko, Kise bersekolah di SMA Kaijo dan bergabung dengan klub basketnya yang katanya memiliki reputasi yang bagus di dalam turnamen basket. Kise adalah orang yang baru bergabung di dalam Kiseki no Sedai karena dia memulai bermain basket saat dia kelas 2 SMP. Awal dia bermain basket karena dia sangat mengagumi kemampuan Aomine Daiki yang juga merupakan salah satu dari anggota Kiseki no Sedai. Kemampuan Kise adalah "copy-cat". Yaitu kemampuan dimana seseorang bisa meniru gerakan dan permainan orang lain secara persis hanya dengan satu kali lihat. Tapi sama seperti Kuroko, kemampuan copy-cat miliki Kise juga memiliki batas. Terlepas dari itu kemampuan copy-cat Kise semakin meningkat dan bahkan dia bisa meniru semua gerakan para anggota Kiseki no Sedai yang lain bahkan kemampuan Akashi sekalipun (dalam hal ini Kise hanya mampu meniru sedikit dari kemampuan Akashi). Kise menyatakan bahwa dia adalah pemain terlemah diantara para anggota Kiseki no Sedai yang lain, juga dia mengatakan bahwa dia tidak bisa meniru kemampuan "Misdirection" yang dimiliki Kuroko. Kise memiliki pembawaan yang periang dan sangat ramah (mungkin di Kiseki no Sedai dia itu adalah "Moodmaker"nya :D). Di SMA Kaijou Kise merupakan pemain andalan timnya dan Kise berusaha yang terbaik untuk tidak mengecewakan senpai di timnya. Di waktu luang di luar kegiatannya sebagai pemain basket SMA Kaijou ternyata Kise bekerja paruh waktu sebagai seorang model. Jadi jangan heran jika banyak cewek - cewek yang nempel dan suka sama Kise :) 

Midorima Shintaro




Pemain keempat Kiseki no Sedai. Midorima memutuskan untuk melanjutkan SMAnya di SMA Shuutoku dan bergabung dalam klub basketnya yang merupakan salah satu dari tiga raja di Tokyo. Kemampuan Midorima adalah "Long range shoot". Istilah kerennya yah dia mempunyai kemampuan memasukkan bola ke dalam ring dengan jarak setengah lapangan dan mampu memasukkan bola dari segala arah. Saat Shuutoku bertanding dengan Seirin diketahui bahwa ternyata Midorima mampu memasukkan bola dengan jarak satu lapangan dan itu masuk pemirsa~ (O.O *clap). Midorima memiliki pembawaan yang cenderung serius dan tidak suka diajak bercanda, tak heran jika Takao teman satu timnya di klub basket SMA Shuutoku sering menjahilinya. Dia sangat percaya dengan yang namanya Zodiac dan Horoskop, bahkan saking percayanya dengan hal - hal yang berbau horoskop Midorima suka membawa benda - benda yang dipercaya sebagai "lucky item"nya kemanapun dia pergi. Di luar pertandingan Midorima suka memerban tangan kirinya agar tidak mempengaruhi kemampuan menembaknya. Midorima mengakui kemampuan Kuroko dalam bermain basket, walau Midorima mengatakan bahwa Kuroko itu lemah tapi Kuroko mampu berdiri sejajar disampingnya dan juga anggota Kiseki no Sedai yang lainnya. Midorima juga berpikir bahwa Kuroko itu bodoh karena memilih bersekolah di SMA Seirin yang "katanya" tak bisa mempergunakan kemampuan Kuroko. 

Aomine Daiki 




Pemain ketiga Kiseki no Sedai. Memutuskan untuk melanjutkan sekolah di SMA Touo. Aomine adalah "Ace" (pemain andalan) dari tim Teiko dan juga cahaya yang menyinari bayangannya bagi Kuroko. Kemampuannya adalah permainannya yang sangat lincah dan kecepatan bermainnya yang sangat luar biasa. Saking hebatnya Aomine tidak ada yang bisa menghentikan laju permainannya. Pembawaan Aomine cenderung kasar dan suka merendahkan orang lain. Bahkan dia memiliki moto "Satu - satunya yang bisa mengalahkannya adalah dirinya sendiri". Dulu, Aomine sangat mencintai basket dan sangat menikmati bermain basket. Namun perlahan perasaan cintanya terhadap basket memudar seiring tidak adanya lawan yang mampu mengalahkannya. Bahkan lawan - lawannya seolah tidak memiliki antusiasme saat berhadapan dengan Aomine. Dari situlah Aomine merubah sikapnya. Dia seolah tidak peduli dan bodo amat terhadap basket. Dia suka bolos latihan dan suka terlambat saat pertandingan berlangsung. Sikapnya itu adalah bentuk kebosanannya karena tidak bisa menemukan pemain yang sepadan dengan dirinya. Sejak kecil, Aomine sudah bermain basket di jalanan dan Momoi teman kecilnya selalu menemami Aomine saat bermain. Jadi gak  usah heran yah kalau gaya permainannya Aomine itu suka mengarah pada gaya permainan basket jalanan. 

Murasakibara Atsushi



Pemain keenam Kiseki no Sedai. Saat ini dia bersekolah di SMA Yousen. Saat masih di Teikou dia berposisi sebagai center (*istilah kerennya yah pemain tengah). Biasanya posisi center itu tugasnya menerima bola dan menembakkannya ke ring, sedangkan pada saat bertahan, pemain ini menjadi pertahanan terakhir. Tapi disini, tugas Murasaki hanya bertahan saja, dia males melakukan tugas menyerang. Karena tinggi badannya yang lebih dari 2 meter, makanya jangan heran kalau pemain lawan kesulitan sekali memasukkan bola ke dalam ring SMA Yousen kalau sudah dijaga sama Murasaki. Kemampuan yang dimiliki Murasaki tidak begitu banyak dieksplor, tapi menurut yang aku tau dia memiliki kekuatan yang luar biasa dalam hal blocking dan juga punya stamina yang luar biasa pula. Murasaki menyadari betapa tingginya dia, dia bergabung kedalam tim bola basket Teikou dulu hanya karena tinggi badannya yang menjulang dan juga karena dia sangat berbakat. Murasaki tidak begitu tertarik dengan basket. Makanya saat bermain basket dia ogah - ogahan, tapi disaat dia merasa tertekan dan timnya terdesak Murasaki bisa melakukan tugasnya sebagai center yang menyerang. Sangat respect pada Akashi, terbukti saat Yousen bertanding semi final interhigh melawan Rakuzan Murasaki memilih tidak ikut bermain daripada harus bertanding dengan Akashi. Punya pembawaan yang sedikit sadis (*semi yandere. LOL) dan juga terkadang terlihat Childish, orang yang sangat santai juga, sering terlihat mengunyah beberapa manisan atau snack dimulutnya (*tukang makan XD). Sama seperti Aomine, Murasakibara itu sangat kuat, bahkan "ace" dari Kiseki no Sedai saja sulit untuk melewatinya. 

Akashi Seijuurou




Pemain Kiseki no Sedai yang terakhir (FYI he's my favourite xD. Unimportant. Just skip this). Sekarang bersekolah di SMA Rakuzan yang terletak di Kyoto. SMA Rakuzan adalah SMA prestisius dimana sang kapten Kiseki no Sedai bergabung. Kapten yang sangat ditakuti oleh para anggota Kiseki no Sedai ini tak disangka ternyata Akashi juga menjabat sebagai Kapten juga di SMA Rakuzan, padahal dia masih kelas 1 SMA. Tim Rakuzan disebut tim monster dikarenakan Rakuzan memenangkan seluruh pertandingan di dalam turnamen basket. Berposisi sebagai "Point Guard" dan bernomor punggung 4. Tidak tertarik dengan yang namanya kemenangan karena baginya kemenangan itu sudah mutlak diberikan padanya (*Akashi's Quote "Since I'm always win, I'm always right). Saat dia tau Aomine tidak ikut berpartisipasi dalam pertandingan final Interhigh, Akashi memutuskan untuk tidak bermain juga. Memiliki mata heterochromathic, dengan mata berwarna merah di mata kanannya dan warna kuning atau oranye di mata kirinya. Mengklaim bahwa dirinya  tidak pernah kalah dalam hal apapun. Kemampuan yang dimiliki Akashi adalah "Emperor Eye" dimana matanya mampu mengamati setiap pergerakan dari musuhnya dan juga mampu memprediksi pergerakan yang akan dilakukan oleh lawan selanjutnya. Menurut Murasakibara, "Emperor Eye" milik Akashi mampu melihat detail terkecil dari pergerakan lawannya, seperti desahan nafasnya, detak jantungnya, keringatnya, kontraksi ototnya, dan sebagainya. Bisa dibilang Akashi mampu melihat masa depan dari pergerakan lawannya (*keren kan? xD) Ah satu lagi, Akashi juga mampu menemukan bakat tersembunyi orang. Ini bisa dilihat saat Akashi menemukan bakat "Misdirection" milik Kuroko. Memiliki pembawaan yang menakutkan (*Yandere mode on) dan rada aneh. Sejauh ini Akashilah yang mampu mengontrol para anggota Kiseki no Sedai. Sangat ahli dalam hal mengatur strategi. Tidak begitu respect pada orang lain, tapi memiliki respect yang penuh terhadap teman - teman satu timnya baik teman satu tim yang sekarang atau yang dulu saat dia bermain bersama Kiseki no Sedai di SMP Teikou dan memiliki keyakinan yang teguh pula mengenai kemampuan mereka. Akashi mengatakan bahwa perintahnya adalah mutlak dan akan memaksa setiap orang untuk mematuhi perintahnya (*sadis euy xD)

- Kiseki no Sedai's Manager - 

Momoi Satsuki



Sebenernya gak ada niatan mau nyantumin Momoi, tapi mau bagaimanapun juga Momoi punya andil yang besar di dalam kehidupan Kiseki no Sedai. Momoi adalah manajer dari Kiseki no Sedai saat di SMP Teikou yang sekarang menjabat sebagai manajer juga di SMA Touo. Satu sekolah dengan teman kecilnya Aomine dengan tujuan untuk mengawasi atau memantau keadaan Aomine. Menyukai Kuroko sejak SMP dan mengaku sebagai pacar Kuroko.  Kemampuan yang dimiliki Momoi adalah dia seorang manajer yang Mengumpulkan semua data para  pemain lawan dan dia mampu mengamati atau menganalisa setiap permainan para pemain dengan sangat detail. Bahkan terkadang dia mampu memprediksi permainan lawan selanjutnya dengan data - data yang dia kumpulkan. Memiliki pembawaan yang ceria dan easy going

- Trivia - 

Kiseki no Sedai (Termasuk manajer mereka Momoi) masing - masing memiliki perwakilan warna yang menyatakan nama mereka. Sebagian besar dari mereka (kecuali Kuroko) memiliki warna rambut dan mata yang sama sesuai dengan nama mereka. 
  • Kuroko Tetsuya : Hitam (Seperti warna "Bayangan")
  • Kise Ryouta : Kuning
  • Midorima Shintaro : Hijau
  • Aomine Daiki : Biru
  • Murasakibara Atsushi : Ungu
  • Akashi Seijuuurou : Merah 
  • Momoi Satsuki : Pink
Urutan perkenalan yang diperkenalkan didalam Kiseki no Sedai juga berhubungan dengan campuran warna, misalnya Kuning (Kise) dan Biru (Aomine) dapat membuat warna hijau dan Midorima (Hijau) diperkenalkan antara Kise dan Aomine. Hal yang sama berlaku dengan yang lainnya. Biru (Aomine) dan Merah (Akashi) dapat membuat warna ungu dan Murasakibara (Ungu) diperkenalkan antara Aomine dan Akashi. 


Sources :
Kurokonobasukewikia , Wikipedia, Myanimelist
Pictures from : Minitokyo, Zerochan, and Tumblr